Beranda · Pengenalan · Materi · Tips

Cara menyorot atau memblok range pada microsoft excel

Range adalah sekumpulan dari beberapa sel, range juga seringkali disamakan dengan blok. Range sangat penting terutama dalam melakukan perhitungan, rangkaian beberapa data atau semua data yang diblok, itulah yang disebut dengan range. 



Nama range sesuai dengan alamat sel di ujung kiri atas sampai dengan ujung kanan bawah. Misalnya kumpulan sel yang dimulai dengan A2 sampai dengan C10 dinyatakan sebagai range A2:C10, perhatikan gambar berikut !



Untuk menyorot range atau blok, ada beberapa cara yang bisa dilakukan

1. Menggunakan tombol shift dan anak panah
Caranya mudah; tekan tombol shift dan jangan dilepas sampai selesai, kemudian tekan anak panah. Panah ke atas maka akan menyorot atau memblok sel keatas, panah kiri akan menyorot atau memblok sel ke kiri dan seterusnya. 

2. Menggunakan mouse
Klik kiri mouse dan jangan dilepas, kemudian geser mouse sampai pada posisi yang dinginkan, setelah sudah sesuai maka lepas klik kiri mouse.

3. Menggunakan tombol Ctrl
Cara ini harus dipadukan dengan tombol lainnya. Untuk menyorot atau memblok data secara keseluruhan maka kita bisa menekan secara bersamaan tombol Ctrl + A


Artikel keren lainnya:

Cara merubah format angka dari format Amerika ke format Indonesia

Penulisan angka format Amerika berbeda dengan penulisan angka format Indonesia. Pada format Amerika, pemisah ribuan menggunakan tanda koma (,) sedangkan pemisah ribuan format Indonesia menggunakan tanda titik (.). 

Selain itu, format Amerika juga berbeda dengan format Indonesia dalam penulisan tanda decimal. Format Amerika menggunakan tanda titik (.) sedangkan format Indonesia menggunakan tanda koma (,).

Cantohnya :
15,000,000.00    Format Amerika
15.000.000,00    Format Indonesia

Atau

34.25 Format Amerika
34,25 Format Indonesia

Pada umumnya komputer sekarang menggunakan format Amerika, karena kita berada di Negara Indonesia, tentunya berharap menggunakan format Indonesia. Olehnya itu, kita perlu merubah format penulisan angka pada komputer kita agar sesuai dengan format Indonesia.



Adapun langkah-langkah merubah format angka dari format Amerika menjadi format Indonesia adalah sebagai berikut.
1. Klik Start, kemudian klik control panel seperti gambar berikut



2. Setelah muncul tampilan Control Panel kemudian pilih Regional and Language Options 
3. Kemudian akan muncul tampilan Regional and langiage Options pilih Regional Option dan pada Standar and Formats ganti dengan Indonesia begitu pula dengan Location ganti dengan Indonesia. Tampak pada gambar berikut



4. Kemudian klik OK atau Apply

Kalau masih bingung silahkan lihat video berikut. Selamat dan sukses selalu!




Artikel keren lainnya:

Cara memasukkan data yang berurutan misalnya 1,2,3,4,5 …..dst

Semakin kita mempelajari Microsoft excel, maka semakin menarik bagi kita. Hal ini sebagai dampak dari lengkapnya fitur yang tersedia pada aplikasi pengolah angka ini. Semua yang terasa sulit dilakukan pada aplikasi lain menjadi mudah bila dikerjakan melalui aplikasi Microsoft excel.

Sebagai contoh saja, kita ingin membuat urutan angka 1,2,3,4 ….dst, untuk membuat urutan angka ini, kita cukup mengetik dua angka saja yakni angka pertama (1) dan angka kedua (2), kemudian hanya dengan melakukan beberapa langkah, kita sudah bisa membuat urutan angka sesuai jumlah yang kita inginkan. 

Pada contoh lainnya, kita juga bisa membuat urutan angka ganjil atau urutan angka genap, bahkan membuat urutan angka dalam kelipatan tertentu. Atau misalnya urutan nama-nama hari, bulan bahkan tahun. Bagi yang bekerja dibagian arsip, membuat nomor agenda sangat mudah jika menggunakan cara memasukkan data berurutan ini. 


Adapun langkah-langkah pembuatan data yang berurutan adalah sebagai berikut:
1. Ketikkan data atau angka pertama pada sel yang anda inginkan
2. Pada sel berikutnya silahkan ketikkan data atau angka yang kedua. Lihat gambar berikut:



3. Kemudian blok kedua angka di atas 
4. Selanjutnya letakkan pointer atau penunjuk kesebelah kanan bawah bingkai blok, sampai berubah tanda menjadi plus (+). Seperti gambar berikut.




5. Drag ke kanan atau ke bawah untuk urutan data yang semakin besar. Atau, drag ke kiri atau ke atas untuk urutan data yang semakin kecil. (maksudnya tekan mouse dengan klik kiri lalu tahan jangan dilepas dulu, kemudian geser sampai sesuai yang diinginkan. Jika sudah selesai maka lepaskan klik kirinya.



Artikel keren lainnya:

Mengenal lembar kerja Microsoft Excel

Lembar kerja Microsoft excel dikenal dengan worksheet. Lembar kerja Microsoft excel berbeda bila dibandingkan dengan lembar kerja Microsoft Word. Lembar kerja Microsoft word menyerupai kertas putih, jadi seolah-olah kita mengetik diatas kertas. Hal ini karena kegunaannya untuk melakukan pengolahan kata. Sedangkan pada Microsoft excel, lembar kerjanya berupa kotak-kotak, sekedar mengingatkan bahwa lembar kerja Microsoft excel mirip dengan kertas striming. Bentuk ini dianggap memudahkan dalam pengolahan angka yang banyak berupa table dan grafik.




Lembar kerja Microsoft excel terdiri atas dua bagian yakni kolom dan baris. Kolom ditandai dengan A,B,C,D,E…..AA,AB, ……XFD, jumlah kolom sebanyak 16.384 kolom. Sedangkan Baris ditandai dengan 1,2,3,4,5 …… 1.048.576 baris.

Melihat jumlah kolom dan baris di atas dapat menjadi solusi atas permasalahan pekerjaan yang memiliki data cukup banyak.

Kotak-kotak yang ada di lembar kerja disebut dengan cells. Cells adalah pertemuan antara kolom dan baris, ingat bukan baris dan kolom tetapi kolom  dan baris. Hal ini mengacu pada penulisan alamat cells dari Microsoft excel. Misalnya, pertemuan antara kolom B dan baris 10 disebut dengan sel B10 bukan sel 10B.

Selain itu, lembar kerja Microsoft excel juga terdiri atas beberapa sheet yang bisa digunakan, masing-masing sheet memiliki jumlah kolom dan baris yang sama. Secara default, jumlah sheet yang aktif hanya 3 sheet, anda bisa menambah sheet apabila dibutuhkan.

Itulah gambaran mengenai lembar kerja Microsoft excel.

Artikel keren lainnya:

Cara Membuka Aplikasi Microsoft Excel 2007

Salah satu aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Excel. Aplikasi ini merupakan software yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa milik Bill Gates yakni Microsoft, selain mudah digunakan, kelebihan lainnya adalah aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa menyelesaikan semua pekerjaan. Microsoft Excel keluaran dari perusahaan Microsoft ini dapat dikatakan sebagai pelopor aplikasi pengolah angka yang berbasi windows.



Langkah-langkah membuka Aplikasi Microsoft Excel

1. Klik Start, yang terdapat pada ujung bagian kiri bawah
2. Pilih All Programs
3. Pilih Microsoft Office
4. Klik Microsoft Excel 2007

Selanjutnya akan tampak dilayar seperti berikut.



Jika sudah tampil layar berikut, itu menunjukkan bahwa aplikasi Microsoft excel sudah aktif.



Artikel keren lainnya:

MENGENAL RUMUS DASAR